BETHOKI77 RESEP RENDANG SAPI SIMPLE DAN NIKMAT

Memasak Rendang Sapi: Menghadirkan Kelezatan dalam Simplicitas Rendang sapi, hidangan ikonik dari Indonesia, telah meraih popularitas global karena kelezatannya yang kaya rempah. Meskipun terkenal dengan kekompleksannya, membuat rendang sapi di rumah tidaklah sesulit yang dibayangkan banyak orang. Dengan resep yang tepat dan sedikit kesabaran, Anda dapat menciptakan rendang sapi yang lezat dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar Anda. 


Berikut adalah resep simpel untuk menciptakan sajian rendang sapi yang memukau: 

500 gram daging sapi (potong sesuai selera) 
400 ml santan kental 
2 lembar daun salam 2 batang serai (geprek bagian putihnya) 
4 lembar daun jeruk 1 ruas lengkuas (geprek) 
2 sendok makan minyak goreng 
Garam secukupnya 

Bumbu Rendang: 
5 buah cabai merah (sesuai selera) 
8 butir bawang merah 
5 siung bawang putih 
3 cm jahe 
3 cm kunyit 
2 cm lengkuas 
1 sendok makan ketumbar bubuk
1/2 sendok teh jintan 
1/2 sendok teh lada hitam 


1. Persiapan Bumbu: Haluskan semua bumbu rendang kecuali ketumbar bubuk, jintan, dan lada hitam. Anda dapat menggunakan blender atau ulekan untuk ini. 

2. Memasak Bumbu Rendang: Panaskan minyak goreng di dalam wajan atau panci dengan api sedang. Tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama daun salam, serai, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum dan berubah warna kecokelatan. 

3. Memasak Daging Sapi: Setelah bumbu matang, tambahkan potongan daging sapi ke dalam wajan. Aduk rata hingga daging berubah warna dan tercampur dengan bumbu. 

4. Penyeduhan Rendang: Tuangkan santan kental ke dalam wajan. Aduk semua bahan sampai rata tercampur. Tambahkan garam secukupnya.Biarkan rendang mendidih dengan api kecil hingga santan dan bumbu meresap ke dalam daging. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam. Sesekali aduk rendang agar tidak gosong di bagian bawah. 

5. Membumbui Tambahan: Setelah santan menyusut, tambahkan ketumbar bubuk, jintan, dan lada hitam ke dalam rendang. Aduk rata dan biarkan mendidih sebentar lagi. 

6. Penyajian: Setelah rendang matang dan kuahnya mengental, angkat dari api. Sajikan rendang sapi hangat dengan nasi putih atau nasi kuning. 

Hidangan ini juga nikmat disantap dengan ketupat atau lontong. Rendang sapi yang Anda buat kini siap untuk dinikmati. Kelezatan cita rasa rempah yang dalam dan daging sapi yang empuk akan memanjakan lidah Anda dan siapa pun yang beruntung mencicipinya. Meskipun proses memasak rendang membutuhkan sedikit waktu dan kesabaran, hasil akhirnya pasti sebanding dengan usaha yang Anda lakukan. Selamat mencoba!